Berkas Lengkap, Kasus 2 Industri Pengolahan Kayu Ilegal Diserahkan ke Kejaksaan

    Berkas Lengkap, Kasus 2 Industri Pengolahan Kayu Ilegal Diserahkan ke Kejaksaan

    Mamuju - Berkas perkara kasus industri pengolahan kayu ilegal di Kabupaten Pasangkayu dinyatakan telah lengkap atau P-21 oleh Kejaksaan Tinggi Sulawesi Barat. Kasus yang ditangani oleh tim PPNS Balai Gakkum KLHK Wilayah Sulawesi ini melibatkan 3 Industri pengolahan kayu ilegal, yang mana 1 kasus telah lebih dulu dinyatakan P-21 pada akhir tahun 2020 dan disusul 2 kasus selanjutnya yang dinyatakan P-21 pada awal tahun 2021 ini dengan tersangka pemilik industri kayu ilegal yaitu SR (52) dan BDS (49).

    Selanjutnya tim Penyidik Balai Gakkum KLHK Wilayah Sulawesi segera menyerahkan tersangka beserta barang buktinya ke Kejaksaan Tinggi Sulawesi Barat.  

    Barang bukti yang diamankan dari kasus 2 industri pengolahan kayu ilegal ini adalah 67 batang kayu berbagai macam jenis dan ukuran, 2 buah mata serkel, 2 unit mesin sawmil/serkel diesel merk Jiang Dong (JD) model JD300, dan 2 buah linggis. Untuk sementara barang bukti tersebut diamankan di Kantor KPH Sarudu. 

    Lokasi industri pengolahan kayu milik tersangka SR (52)  bertempat di Desa Taranggi dan industri pengolahan kayu milik tersangka BDS (49) bertempat di Desa Tamaranung, yang mana keduanya berada di wilayah Kecamatan Doripoku, Kabupaten Pasangkayu, Sulawesi Barat. 

    Kasus ini bermula dari kegiatan Operasi Pengamanan Pengamana Hutan yang dilakukan oleh tim operasi Balai Gakkum KLHK Wilayah Sulawesi bersama  sama dengan dengan Ditreskrimsus Polda Sulbar pada akhir September 2020. Pada saat kegiatan operasi tim mengamankan tiga industri pengolahan kayu yang beroperasi tanpa ijin dan dokumen kehutanan yang sah. 

    “Alhamdulillah, ini awal tahun yang baik, Tim Penyidik Balai Gakkum KLHK Wilayah Sulawesi kembali merampungkan dua berkas perkara kasus industri pengolahan kayu ilegal,  menyusul satu kasus sebelumnya yang telah P-21 pada akhir tahun 2020, " kata Kepala Balai LHK Wilayah Gakkum Sulawesi. Senin, 4 Januari 2021 di Makassar.

    Selanjutnya Dodi Kurniawan, Kepala Balai Gakkum LHK Wilayah Sulawesi menambahkan, sesegera mungkin kami akan melimpahkan perkara ini ke Kejaksaan Tinggi, agar secepatnya bisa masuk Persidangan.

    Tersangka SR (52) dan BDS (49) dijerat Pasal 87 Ayat 1 Huruf a Jo Pasal 12 huruf k dan/atau Pasal 83 Ayat 1 Huruf c Jo Pasal 12 Huruf h UU No.18 Tahun 2013 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Perusakan Hutan dengan pidana penjara paling lama 5  tahun serta pidana denda maksimal Rp. 2, 5 miliar.

    Kejati Sulbar Industri Kayu Ilegal KLH Gakkum Kriminal
    Subhan Riyadi

    Subhan Riyadi

    Artikel Sebelumnya

    Tim Kesehatan Kodam Hasanuddin Tak Kenal...

    Artikel Berikutnya

    Gubernur Ali Baal Lantik Pengurus Koni Kabupaten...

    Berita terkait

    Peringkat

    Profle

    Syafruddin Adi verified

    Achmad Sarjono

    Achmad Sarjono verified

    Postingan Bulan ini: 174

    Postingan Tahun ini: 1989

    Registered: Jul 17, 2020

    Afrizal

    Afrizal verified

    Postingan Bulan ini: 146

    Postingan Tahun ini: 1365

    Registered: May 25, 2021

    BASORY WIJAYA

    BASORY WIJAYA verified

    Postingan Bulan ini: 110

    Postingan Tahun ini: 565

    Registered: Oct 11, 2021

    KODIM SURABAYA TIMUR

    KODIM SURABAYA TIMUR verified

    Postingan Bulan ini: 94

    Postingan Tahun ini: 373

    Registered: Oct 4, 2021

    Profle

    Muh Hasyim Hanis, SE, S.Pd verified

    Kadis Kesehatan Kabupaten Labuhanbatu Sikapi Dan Tanggap Informasi Hipatitis Akut Yang Mematikan, LPA Kabupaten Labuhanbatu Koordinasi Dan Apresiasi
    Penyakit Mulut dan Kuku Serang Hewan Ternak Warga Jawa Timur, DPRD Sumut Minta Gubernur Sumatera Utara Lakukan Antisipasi
    Halal Bihalal Keluarga Besar Kodam IV/Diponegoro, Pangdam: Guyub Rukun, Saling Tolong Menolong Ada Permasalahan Saling Bantu
    Anggota SPKS Nasional minta DPRD Paser Awasi Pelaksanaan Perda  No.9 Tahun 2018Anggota SPKS Nasional minta DPRD Paser Awasi Pelaksanaan Perda  No.9 Tahun 2018

    Follow Us

    Recommended Posts

    Hetifah Sjaifudian: Adanya Penyebaran Hepatitis, PTM Boleh Asal Kantin Tutup
    Orasi Saat May Day, Kompolnas Puji Kapolri: Bentuk Pengakuan Negara Atas Peran Buruh
    Buruh Apresiasi Polri, Mayday Fiesta di GBK Berjalan Lancar
    Pekik Perjuangan Buruh dari Kapolri saat Puncak Peringatan May Day
    Pekik Perjuangan Buruh dari Kapolri saat Puncak Peringatan May Day